Senin, 19 Desember 2011


KEGIATAN KERJASAMA OSA COFFEE INDUSTRIES DENGAN SMK CIPTA SKILL EDUTAMA BANDUNG DALAM BIDANG ENTERPRENEUR

LATAR BELAKANG
1.    Berkaitan dengan akan diselenggarakannya proses belajar mengajar dengan kurikulum mata pelajaran kewirausahaan.
2.    SMK CIPTA SKILL EDUTAMA untuk mereseller produk kopi luwak dengan merk dagang OSA LOEWAK.
3.   Osa Coffee Industries merupakan produk baru yang telah diperkenalkan dan direseller oleh beberapa kedai kopi di Yogyakarta, Banjarmasin Bandung dan beberapa pemasaran hingga mencapai Malaysia, Singapura, Syiria dan Jerman.
4.  Osa Coffee Industries yang masih baru berdiri pun memiliki program promosi. Umumnya Kopi luwak hanya dapat dinikmati oleh beberapa kalangan saja, artinya kalangan yang sanggup membeli kopi tersebut sangat terbatas karena mengingat nilai jual kopi luwak sangat mahal. namun seiring perjalanan perkembangan perdagangan kopi luwak di Indonesia, Kopi Luwak dengan merk dagang OSA LOEWAK tidak dijual dengan nilai jual yang mahal, tujuan nya adalah agar kopi luwak yang meiliki gengsi dan khasiat dengan level internasional ini senantiasa dapat dinikmati oleh berbagai macam kalangan masyarakat tentu saja tanpa mengurangi nilai exclusifitasnya.

MAKSUD DAN TUJUAN
Agar tercipta sebuah jalinan kerjasama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak, sebagai berikut:
1.    Perspektif knowledge: Kopi luwak merupakan kopi asli Indonesia yang sudah termasyur namanya di dunia internasional, namun fenomena ini belum banyak diketahui di sebagian penduduk Indonesia mengingat kopi ini memang mempunyai nilai exclusive. Melalui kerjasama ini, nilai-nilai exclusive dan produk ini dapat diperkenalkan dan diketahui keberadaaanya khususnya di Provinsi Bandung.
2.    Perspektif Entrepreneur: kopi luwak belum terlalu banyak berada dimasyarakat, oleh karenanya Osa Coffee Industries mengharapkan kerjasama dalam membagi entrepreneur melalui penjualan sekaligus membawa income yang menguntungkan bagi reseller. Dalam hal ini adalah siswa yang langsung terlibat dalam kegiatan ini. Sekolah sekaligus dapat memberikan nilai edukasi dan membagi jiwa entrepreneurship sejak dini..
3.    Perspektif Inovasi : pada saat program ini berlangsung, maka siswa akan mengeluarkan sebuah pertanyaan sulit terhadap produk yang mungkin baru saja mereka kenal, yaitu ”bagaimana cara menjual produk osa loewak?, mengapa masyarakat membeli produk osa loewak?, dimana siswa harus menjual produk osa loewak?, siapa saja orang atau target pembeli osa loewak?”, akibat pertanyaan-pertanyaan tersebut maka siswa akan merasa tertantang untuk dapat menjual produk tersebut dengan cara dan tekhnik mereka masing-masing.
4.    Perspektif Dampak : Siswa di didik untuk membiasakan diri dengan target dan membentuk jiwa enterpreneur sejak dini, proses ini adalah sebuah latihan kerja sebelum mereka nantinya akan benar-benar mandiri dan terjuan langsung dalam bidang usaha yang sebenarnya ketika mereka lulus dari sekolah.

PRODUCT UTAMA YANG DIJUAL


Kemasan sachet alumunium foil 10gr berwarna hitam, menggunakan zipper sebagai pengaman dalam sebelum sealer dan dibalut dengan karung goni sebagai pembungkus sachet atau kemasan luar, di dalam kemasan tersebut kami sisipkan tutorial mengenai perkenalan apa itu kopi luwak, mengapa kopi luwak enak, apa manfaat kesehatan dari  kopi luwak serta cara penyajian kopi luwak yang baik dan benar agar cita rasa menjadi semakin istimewa. Kemasan tersebut memiliki berat bersih 10gr untuk satu kali seduh yang merupakan standart  membuat kopi satu cangkir standart. Kopi dengan kemasan tersebut kami jual dengan harga eceran tertinggi Rp.25.000,-

PIHAK-PIHAK TERKAIT
1.    Drs. Jalasman (Kepala Sekolah SMK CIPTA SKILL EDUTAMA)
2.    Roma, S.Pd (Staff Pengajar Mata Pelajaran Kewirausahaan)
3.    Seluruh Siswa/i SMK CIPTA SKILL EDUTAMA
4.    OSA COFFEE INDUSTRIES

HASIL KEGIATAN
1.    TOTAL PENJUALAN : 432 PCS, DARI TARGET YANG DISEPAKATI ADALAH SEBANYAK 280 PCS.
2.    BERKAT DUKUNGAN SEKOLAH DAN GURU MATA PELAJARAN YANG BERSANGKUTAN, MAKA PROGRAM INI BERJALAN LANCAR, SERTA MELAHIRKAN BIBIT ENTERPRENEURSHIP UNTUK MASA DEPAN, SISWA-SISWA BERPRESTASI INI ADALAH SIWA YANG TELAH BERHASIL MENJUAL PROSUK OSA LOEWAK DALAM JUMLAH YANG CUKUP BANYAK, BERIKUT PENGHARGAAN YANG KAMI BERIKAN ADALAH KEPADA:
A.   CANDRA RAHAYU KELAS XI-TEKNIK KENDARAAN RINGAN SEBAGAI SISWA DENGAN PENJUALAN TERBAIK PERTAMA
B.   ERNA MULYANI KELAS XI-ADM.PERKANTORAM SEBAGAI SISWA DENGAN  PENJUALAN TERBAIK KEDUA
C.   FIRDAUS XI-REKAYASA PERANGKAT LUNAK SEBAGAI SISWA DENGANPENJUALAN TERBAIK KETIGA

PENUTUP
AKHIR KATA, OSA COFFEE INDUSTRI MENGUCAPKAN TERIMAKASIH SEBESAR-BESARNYA KEPADA SELURUH PIHAK TERKAIT KHUSUSNYA KEPADA SMK CIPTA SKILL EDUTAMA BANDUNG TERHADAP SUKSESNYA PROGRAM KERJASAMA INI. SEMOGA KERJASAMA INI MERUPAKAN AWAL PINTU GERBANG TERBUKANYA SILATURAHMI KHUSUSNYA UNTUK KEDUA BELAH PIHAK DAN SECARA UMUM DIHARAPKAN NANTINYA KEGIATAN INI AKAN MENJADI SEBUAH KEGIATAN RUTIN DAN TERUS BERLANGSUNG BAIK DI SEKOLAH CIPTA SKILL MAUPUN SEBAGAI REPRESENTASI DAN ACUAN DARI SEKOLAH-SEKOLAH DI SELURUH INDONESIA, DAPAT MENGUNDANG PIHAK LAIN UNTUK DAPAT BERGABUNG DALAM KEGIATAN SEJENIS SERTA MAMPU MENDORONG GENERASI MUDA YANG LEBIH KREATIF DAN INOVATIF UNTUK MASA YANG AKAN DATANG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar