KEGIATAN KERJASAMA OSA COFFEE INDUSTRIES DENGAN SMK CIPTA SKILL EDUTAMA
BANDUNG DALAM BIDANG ENTERPRENEUR
LATAR BELAKANG
1. Berkaitan dengan
akan diselenggarakannya proses belajar mengajar dengan kurikulum mata pelajaran
kewirausahaan.
2. SMK CIPTA SKILL
EDUTAMA untuk mereseller produk kopi luwak dengan merk dagang OSA LOEWAK.
3. Osa Coffee
Industries merupakan produk baru yang telah diperkenalkan dan
direseller oleh beberapa kedai kopi di Yogyakarta, Banjarmasin Bandung dan beberapa
pemasaran hingga mencapai Malaysia, Singapura, Syiria dan Jerman.
4. Osa Coffee
Industries yang masih baru berdiri pun memiliki program promosi. Umumnya
Kopi luwak hanya dapat dinikmati oleh beberapa kalangan saja, artinya kalangan
yang sanggup membeli kopi tersebut sangat terbatas karena mengingat nilai jual
kopi luwak sangat mahal. namun seiring perjalanan perkembangan perdagangan kopi
luwak di Indonesia, Kopi Luwak dengan merk dagang OSA LOEWAK tidak dijual
dengan nilai jual yang mahal, tujuan nya adalah
agar kopi luwak yang meiliki gengsi dan khasiat dengan level internasional ini
senantiasa dapat dinikmati oleh berbagai macam kalangan masyarakat tentu saja
tanpa mengurangi nilai exclusifitasnya.
MAKSUD DAN TUJUAN
Agar
tercipta sebuah jalinan kerjasama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak,
sebagai berikut:
1. Perspektif knowledge: Kopi luwak
merupakan kopi asli Indonesia yang sudah termasyur namanya di dunia
internasional, namun fenomena ini belum banyak diketahui di sebagian penduduk
Indonesia mengingat kopi ini memang mempunyai nilai exclusive. Melalui
kerjasama ini, nilai-nilai exclusive dan produk ini dapat diperkenalkan dan
diketahui keberadaaanya khususnya di Provinsi Bandung.
2. Perspektif Entrepreneur: kopi luwak belum
terlalu banyak berada dimasyarakat, oleh karenanya Osa Coffee Industries
mengharapkan kerjasama dalam membagi entrepreneur melalui penjualan sekaligus
membawa income yang menguntungkan bagi reseller. Dalam hal ini adalah siswa
yang langsung terlibat dalam kegiatan ini. Sekolah sekaligus dapat
memberikan nilai edukasi dan membagi jiwa entrepreneurship sejak dini..
3. Perspektif
Inovasi : pada saat program ini berlangsung, maka siswa akan
mengeluarkan sebuah pertanyaan sulit terhadap produk yang mungkin baru saja
mereka kenal, yaitu ”bagaimana cara menjual produk osa loewak?, mengapa
masyarakat membeli produk osa loewak?, dimana siswa harus menjual produk osa
loewak?, siapa saja orang atau target pembeli osa loewak?”, akibat
pertanyaan-pertanyaan tersebut maka siswa akan merasa tertantang untuk dapat menjual
produk tersebut dengan cara dan tekhnik mereka masing-masing.
4. Perspektif
Dampak : Siswa di didik untuk membiasakan diri dengan target dan
membentuk jiwa enterpreneur sejak dini, proses ini adalah sebuah latihan kerja
sebelum mereka nantinya akan benar-benar mandiri dan terjuan langsung dalam
bidang usaha yang sebenarnya ketika mereka lulus dari sekolah.
PRODUCT UTAMA YANG DIJUAL
Kemasan sachet alumunium foil 10gr berwarna hitam,
menggunakan zipper sebagai pengaman dalam sebelum sealer dan dibalut dengan
karung goni sebagai pembungkus sachet atau kemasan luar, di dalam kemasan
tersebut kami sisipkan tutorial mengenai perkenalan apa itu kopi luwak, mengapa
kopi luwak enak, apa manfaat kesehatan dari
kopi luwak serta cara penyajian kopi luwak yang baik dan benar agar cita
rasa menjadi semakin istimewa. Kemasan tersebut memiliki berat bersih 10gr
untuk satu kali seduh yang merupakan standart
membuat kopi satu cangkir standart. Kopi dengan kemasan tersebut kami
jual dengan harga eceran tertinggi Rp.25.000,-
PIHAK-PIHAK TERKAIT
1.
Drs. Jalasman (Kepala Sekolah SMK CIPTA SKILL EDUTAMA)
2.
Roma, S.Pd (Staff Pengajar Mata Pelajaran Kewirausahaan)
3.
Seluruh Siswa/i SMK CIPTA SKILL EDUTAMA
4.
OSA COFFEE INDUSTRIES
HASIL KEGIATAN
1.
TOTAL PENJUALAN : 432 PCS, DARI TARGET YANG DISEPAKATI
ADALAH SEBANYAK 280 PCS.
2.
BERKAT DUKUNGAN SEKOLAH DAN GURU MATA PELAJARAN YANG
BERSANGKUTAN, MAKA PROGRAM INI BERJALAN LANCAR, SERTA MELAHIRKAN BIBIT
ENTERPRENEURSHIP UNTUK MASA DEPAN, SISWA-SISWA BERPRESTASI INI ADALAH SIWA YANG
TELAH BERHASIL MENJUAL PROSUK OSA LOEWAK DALAM JUMLAH YANG CUKUP BANYAK,
BERIKUT PENGHARGAAN YANG KAMI BERIKAN ADALAH KEPADA:
A.
CANDRA RAHAYU KELAS XI-TEKNIK KENDARAAN RINGAN SEBAGAI
SISWA DENGAN PENJUALAN TERBAIK PERTAMA
B.
ERNA MULYANI KELAS XI-ADM.PERKANTORAM SEBAGAI SISWA
DENGAN PENJUALAN TERBAIK KEDUA
C.
FIRDAUS XI-REKAYASA PERANGKAT LUNAK SEBAGAI SISWA
DENGANPENJUALAN TERBAIK KETIGA
PENUTUP
AKHIR KATA, OSA COFFEE INDUSTRI MENGUCAPKAN TERIMAKASIH
SEBESAR-BESARNYA KEPADA SELURUH PIHAK TERKAIT KHUSUSNYA KEPADA SMK CIPTA SKILL
EDUTAMA BANDUNG TERHADAP SUKSESNYA PROGRAM KERJASAMA INI. SEMOGA KERJASAMA INI
MERUPAKAN AWAL PINTU GERBANG TERBUKANYA SILATURAHMI KHUSUSNYA UNTUK KEDUA BELAH
PIHAK DAN SECARA UMUM DIHARAPKAN NANTINYA KEGIATAN INI AKAN MENJADI SEBUAH
KEGIATAN RUTIN DAN TERUS BERLANGSUNG BAIK DI SEKOLAH CIPTA SKILL MAUPUN SEBAGAI
REPRESENTASI DAN ACUAN DARI SEKOLAH-SEKOLAH DI SELURUH INDONESIA, DAPAT MENGUNDANG
PIHAK LAIN UNTUK DAPAT BERGABUNG DALAM KEGIATAN SEJENIS SERTA MAMPU MENDORONG
GENERASI MUDA YANG LEBIH KREATIF DAN INOVATIF UNTUK MASA YANG AKAN DATANG.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar